Manfaat Daun Binahong | Mitos & Fakta Terungkap

Pesatnya pertumbuhan Pengobatan yang kembali ke Alam salah satunya dengan Daun Binaong ini. Meskipun zaman semakin berkembang, masih banyak orang yang mempercayai  produk herbal yang berasal dari alam terutama dalam masalah pengobatan. Ada banyak tanaman herbal yang tersedia di alam dan biasanya digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit adalah tanaman Binahong. Saking hebatnya manfaat daun binahong, daun ini bahkan dijuluki sebagai daun ajaib. Khasiat daun binahong memang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia meskipun beberapa kalangan banyak yang sudah mengetahui manfaat daun binahong untuk luka. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Khasiat, penggunaan dan efek samping dari daun binahong untuk kesehatan simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Manfaat Daun Binahong

Daun binahong yang mulai dikenal masyarakat Indonesia memiliki sejarah dan beberapa fakta yang perlu diketahui terutama bagi Anda yang gemar mempelajari tanaman herbal atau ingin memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan pengobatan.

  • Sejarah daun Binahong

Daun-binahong manfaat daun binahong

Daun Binahong atau yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Anredera cordifolia atau Basela Rubra Linn adalah tanaman herbal yang berasal dari Asia dan sangat popular di beberapa Negara seperti Korea, Vietnam dan Cina. Tanaman yang termasuk dalam famili tumbuhan Basellaceae ini diduga berasal dari negeri ginseng, Korea dan sudah dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam sejak tahun 1950 tepatnya saat terjadi perang Vietnam melawan Amerika Serikat.

Diketahui bahwa pasukan Vietnam yang mengkonsumsi daun binahong dan menggunakannya untuk mengobati luka ternyata mampu bertahan hidup dalam hutan dalam waktu yang lama dengan stamina yang terjaga. Selain itu daun binahong juga dikenal dengan sebutan Deng San Chi dalam pengobatan tradisional masyarakat Cina dan digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti luka, penyakit stroke dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri binahong banyak dimanfaatkan untuk mengobati luka, asam urat, menjaga stamina, mencegah kanker dan penyakit lainnya.

  • Kandungan Zat aktif Daun Binahong

Suatu tanaman herbal tentunya mengandung zak aktif yang memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan kerja sistem organ manusia. Sama halnya dengan daun binahong, meski kerap dijadikan sebagai tanaman penghias kebun dan ruangan ternyata tanaman ini punya segudang zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya adalah senyawa flavonoid, asam askorbat atau Vitamin C, alkaloid, terpenoid, dan saponin. Selain itu binahong juga mengandung senyawa gula berupa glukosa, galaktosa dan arabinosa. Beberapa senyawa aktif dari daun ini memiliki fungsinya sendiri misalnya

  • Flavonoid, bertindak sebagai senyawa antibiotik yang dapat membunuh bakteri dan parasit lainnya,
  • Alkaloid, memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dalam darah
  • Terpenoid, berfungsi sebagai antioksidan dan membantu memulihkan sel tubuh yang rusak
  • Saponin, bertindak sebagai anti kolesterol, anti virus, anti bakteri, anti kanker dan fungsi lainnya.
  • Asam askorbat atau yang dikenal sebagai vitamin C, dikenal sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit, menyembuhkan sariawan, luka dan sel-sel yang rusak.

 

  • Fakta Penelitian Daun Binahong

Sejak daun binahong marak digunakan sebagai obat herbal, berbagai penelitian dilakukan untuk membuktikan khasiat dan manfaat daun binahong tersebut. Diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Yellia Mangan dan dimuat dalam bukunya yang berjudul Solusi Sehat Mencegah dan Mengatasi Kanker pada tahun 2009 menyebutkan bahwa daun binahong mengandung beberapa senyawa aktif seperti antivirus dan antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas gadjah Mada juga membuktikan bahwa daun binahong mengandung sejumlah zat aktif seperti flavonoid, terpenoid, alkaloid dan saponin yang memiliki efek positif bagi tubuh manusia.

Selanjutnya Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri mengemukakan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam daun binahong tersebutlah yang membuat daun binahong sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia. Yusup Yudi Prayudi dalam penelitian lainnya yang dimuat dalam Warta Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat di tahun 2009 juga menyatakan bahwa zat aktif yang ada dalam tanaman binahong sebenarnya tersebar dan hampir dapat ditemui disegala bagian tanaman mulai dari akar hingga daunnya.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tingginya kandungan zat aktif daun binahong membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat daun binahong untuk kesehatan antara lain dijelaskan berikut ini

  1. Mempercepat pemulihan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun binahong mengandung senyawa terpenoid dan asam askorbat yang sangat membantu dalam masa pemulihan tubuh khususnya setelah sakit dan pasca operasi. Mengkonsumsi daun binahong setelah sakit atau operasi dapat mempercepat penyembuhan sel yang terkena infeksi atau peradangan.

  1. Menyembuhkan luka

Binahong terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan luka, sehingga banyak orang yang memanfaatkan daun tanaman ini untuk mengobati luka baik luka luar maupun luka dalam tubuh seperti luka yang diakibatkan karena trauma dan operasi dan juga luka akibat pecahnya pembuluh darah seperti mimisan. Zat aktif seperti flavonoid dan asam askorbat diduga menjadi faktor yang dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut. Bisa dikatakan bahwa manfaat daun binahong untuk luka adalah manfaat yang paling dikenal oleh masyarakat baik di Indonesia atau di luar negeri.

 

  1. Mengobati Diabetes

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam daun binahong mampu membantu tubuh menurunkan kadar gula dalam darah atau memiliki sifat hipoglikemik. Oleh sebab itu, daun binahong juga banyak dimanfaatkan dan dikonsumsi sebagai obat bagi penyakit diabetes atau penyakit kencing manis. Penyakit diabetes sendiri adalah penyakit dimana tubuh kesulitan mengatur kadar gula darah yang tinggi akibat rusaknya hormone insulin maupun kelenjar pankreas akibat genetis ataupun pola hidup tidak sehat.

  1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat saat ini karena penyakit ini sukar diobati. Berdasarkan penelitian, daun ini kaya antioksidan seperti flavonoid, saponin dan asam askorbat dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan  kanker. Selain itu, zat aktif dalam daun ini juga dapat menghambat aktifitas penyebaran tumor dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Zat antioksidan dikenal sebagai zat penangkal radikal bebas yang bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit. Rutin mengkonsumsi daun ini yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat meningkatkan vitalitas dan stamina tubuh sebagaimana cerita tentang pasukan Vietnam yang bertahan hidup selama perang melawan pasukan Amerika Serikat.

  1. Melancarkan peredaran darah

Efek dari zat aktif binahong pada peredaran darah memang belum banyak diteliti namun zat aktif dalam daun binahong seperti flavonoid dan alkaloid dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sendiri diketahui sebagai salah satu lemak jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah dan menimbulkan masalah seperti penyempitan pembuluh darah atau atherosclerosis, hipertensi dan stroke.

  1. Mengobati Asam Urat

Daun binahong juga dikenal sebagai obat dalam meredakan penyakit asam urat. Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian diakibatkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Diduga manfaat daun binahong dalam mengobati asam urat berasal dari zat aktif flavonoid dan saponin yang terkandung di dalamnya.

  1. Melancarkan buang air besar dan kecil

Seringkali kita mengalami masalah dalam buang air besar dan buang air kecil akibat salah makan atau gangguan pencernaan maupun sistem pengeluaran atau eksresi. Daun binahong mengandung senyawa antibakteri yang dapat menekan jumlah bakteri parasit dalam saluran kemih yang menyebabkan masalah buang air kecil dan juga mengatasi masalah buang air besar yang diakibatkan gangguan pencernaan.

  1. Mengobati sariawan

Sariawan adalah masalah yang biasa terjadi pada organ mulut dan meskipun sepele masalah sariawan bisa sangat mengganggu. Vitamin C atau asam askorbat yang terkandung dalam binahong dapat membantu mengatasi masalah sariawan karena biasanya sariawan terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin C. Jadi, daun ini bisa dijadikan alternatif jika kita tidak menemui buah-buahan yang kaya vitamin C.

  1. Mengatasi masalah Kulit

Tidak hanya berfungsi dalam menjaga kesehatan, binahong juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan flek hitam. Senyawa antibakteri yang terkandung dalam daun ini dapat mengatasi masalah jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri P. acne dan memulihkan radang pada kulit.

Selain mengatasi masalah diatas senyawa aktif dalam daun binahong juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit dibawah ini :

  • Gatal –gatal
  • Menghangatkan badan
  • Batuk dan sesak nafas
  • Terlambat haid
  • Radang ginjal
  • Gegar otak
  • Patah tulang
  • Kurang nafsu makan
  • Radang usus
  • Muntah-muntah
  • Rheumatic
  • Nyeri persendian
  • Wasir, dsb

Cara Penggunaan Daun Binahong

Untuk mendapatkan manfaat binahong, ada berbagai cara untuk menggunakannya tergantung jenis penyakit. Untuk menyembuhkan luka luar dan jerawat, daun binahong ditumbuk secukupnya kemudian dioleskan pada luka,  Sedangkan untuk mengatasi luka dalam atau penyakit organ dalam, kita bisa merebus 5 hingga 10 helai daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan kemudian air rebusannya bisa ditambah dengan madu untuk menambah khasiatnya dan diminum 2 – 3 kali sehari. atau Anda bisa konsumsi produk olahannya dengan mudah tanpa repot dengan Kapsul Binahong atau teh Celup Daun Binahong

Kapsul Ekstrak Daun Binahong

1 kotak kapsul ekstrak daun binahong isi 50 kapsul, Telah Memiliki Ijin BPOM Legal & masih Aktif sehingga telah teruji kandungan dan khasiatnya. Dan telah mengantongi ijin Halal LPPOM MUI.

Ijin BPOM Kapsul ekstrak daun binahong

Anda Bisa Cek Sendiri Legalitas ijin nya disini http://cekbpom.pom.go.id

Komposisi Kapsul Ekstrak Daun Binahong:

Tiap Kapsul mengandung ekstrak yang setara dengan : Anera cordifolia folium extract …. 1500 mg

Aturan Pakai :
Untuk Pengobatan : Diminum 2 x Sehari 2 kapsul per hari Sesudah Makan

Untuk Perawatan : Minum 2 x Sehari 1 Kapsul Pagi & Sore Sesudah Makan

POM TR. 163 396 991

Halal MUI 122 0000 420 116
Produsen/Merk : CV. Al-Manar Herbafit, Yogyakarta – Indonesia

Hati – Hati

Banyak Di Tokopedia / Marketplace lainnya Menjual produk Kapsul Binahong yang Mangaku 100% Herbal tapi ternyata mengandung BKO ( Bahan Kimia Obat ) yang Apabila Anda Konsumsi Jangka Panjang akan Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh Anda. Beli Lah Di Distributor Herbal yang Resmi, Anda bisa Pesan Kebutuhan Produk Kesehatan & Kecantikan Anda di Walafiat,com karena Kami Langsung Ambil dari Pabriknya jadi Kualitas & Keaslian nya Terjamin.

Harga Kapsul Ekstrak Daun Binahong

Harga Normal ==> Rp. 100,000  

Harga Promo Diskon Spesial untuk Hari ini Rp. 60,000 / kotak

Untuk yang Pesan Grosir ada Diskon lagi lho

Pemesanan Minimal :

5 kotak @Rp. 55,000

10 Kotak @Rp. 47,000

Lebih dari 20 Kotak Dapat harga Agen Distributor Langsung Hubungi CS

GRATIS ONGKOS KIRIM UNTUK ANDA!

Minimal Pemesanan Senilai Rp 100,000

Gratis Ongkos Kirim JABODETABEK, BANDUNG, SERANG, CILEGON via SICEPAT / JNE

Ayo Pesan Sekarang Mumpung Masih Diskon + Gratis Ongkos Kirim

 

Manfaatkan PROMO Harga Kami Hari ini Karena Besok bisa jadi Harga Naik

Untuk Melakukan Pesanan & Konfirmasi Pembayaran Anda secara cepat
Anda dapat menghubungi CS kami di Nomor
0857 1567 3971 /

0821 1173 1175

FORMAT PESANAN :

Nama Pemesan#Alamat Pengiriman#Produk Dipesan#Jumlah Produk Dipesan

Contoh : Laila#RS Mulyasari, Koja , Jakarta Utara#Kapsul Ekstrak daun Binahong#12 botol

TESTIMONI KONSUMEN KAPSUL EKSTRAK BINAHONG

*Hasil berbeda pada tiap orang karena kondisi tubuh yang Berbeda*

Efek samping Daun Binahong

Meskipun daun binahong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tetap saja daun ini dapat menimbulkan efek samping jika digunakan secara berlebih atau tidak sesuai aturan. Selain mengandung senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh, daun binahong juga mengandung senyawa efedrin yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke dan reaksi tubuh lain seperti muntah-muntah, insomnia, detak jantung berdebar, sulit buang air, dan sebagainya.

Selain itu sebaiknya jangan mengkonsumsi daun binahong dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein karena bisa berakibat fatal dari serangan jantung, stroke hingga kematian. Ibu hamil dan mereka yang memiliki masalah dengan jantung sebaiknya hindari mengkonsumsi daun binahong.

Kesimpulan Dan Saran

Daun binahong atau Basela Rubra Linn telah lama digunakan sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit terutama untuk menjaga stamina dan menyembuhkan luka. Manfaat daun binahong untuk kesehatan diantaranya dapat menyembuhkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan mempercepat masa pemulihan setelah sakit.

Meskipun demikian, karena daun binahong juga memiliki efek samping dan kontra indikasi sebaiknya pelajari terlebih dahulu dan hindari konsumsi daun binahong jika Anda memiliki masalah jantung atau dalam keadaan hamil. Semoga bermanfaat. Untuk berbelanja produk Olahan dari daun binahong yang alami dan berkualitas terbaik Klik Alzafa.com

 

Ada yang bisa kami bantu?

Kami disini hadir untuk membantu anda silahkan pilih dari CS yang tersedia

Custommer Suport

Echa

Online

Echa

Hallo, ada yang bisa kami bantu? 00.00